17 Desember 2012

PSSI Vs KPSI kapan berakhir?

       Sepertinya kisruh sepak bola Indonesia bakalan ga selesai - selesai. FIFA memang telah menunda sanksi kepada Indonesia, dengan catatan PSSI segera menyelesaikan persoalan sampai batas waktu maret 2013. Akan tetapi pihak yang berseteru yakni PSSI Vs KPSI sepertinya belum juga memiliki titik temu untuk mengatasi masalah yang ada. PSSI telah menyerahkan roadmap pemecahan masalah sepak bola di Indonesia yang pada intinya masih sama dengon MOU yang dihasilkan Joint Comitee sebelumnya yakni; pengembalian 4 exco dan penyatuan liga.

       PSSI berencana untuk mengundang keempat exco untuk melakukan pembicaraan ulang dalam rangka memecahkan persoalan yang ada (baca: di sini), akan tetapi belum apa - apa KPSI sudah menyatakan enggan melakukan pembicaraan dan menolak untuk berdamai dengan PSSI (baca di sini). KPSI bersikukuh untuk menyelesaikan persoalan dengan KLB dengan tujuan pengantian kepengurusan PSSI dengan kepengurusan baru.

       Terlepas dari penting tidaknya KLB bagi PSSI jika memang PSSI mesti melakukan KLB lagi mungkin bisa dicatatkan dalam rekor sebagai organisasi yang paling sering melaksanakan KLB? AFC dan FIFA sebagai pemegang otoritas persepakbolaan di tingkat asia dan dunia dengan tegas telah menyatakan hanya mengakui PSSI bukan KPSI. Namun pemerintah tetap saja bersikap toleran (kalau tidak bisa dibilang mendukung) KPSI. Kalau saja pemerintah tegas membubarkan KPSI, rasanya tidak akan terlalu bermasalah, sebab KPSI bukanlah otoritas sepakbola yang diakui AFC dan FIFA sehingga tidak akan dinilai melakukan intervensi. Namun pemerintah melalui Kemenpora tetap enggan membubarkan KPSI dan tegas melaksanakan Undang undang SKN yang ada (baca di sini). 

       KPSI memang didukung oleh sebagian klub - klub anggota PSSI, yang bergabung membentuk liga sendiri (ISL), di luar liga yang diadakan PSSI (IPL). Latar belakang politik memang terlihat kental dalam hal ini karena semua klub yang tergabung di ISL pengurusnya memiliki  keterkaitan politik satu sama lain. Keterkaitan politik ini juga rasanya yang membuat pemerintah enggan untuk bertindak tegas.
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar